PUBLIC PLACES

 

Mengenal Public Places dan Contoh Penggunaan Kalimat dalam Bahasa Inggris


Kamu mungkin sudah tidak tidak asing lagi dengan tempat umum (public places) atau sarana umum, bukan? Nahkamu pastinya sudah pernah mengunjungi salah satu tempat yang termasuk dalam public places tersebut.

Public places dapat kita temukan dengan mudah, baik di lingkungan tempat kita tinggal atau tempat-tempat lain yang sering kita kunjungi. Public places umumnya merupakan sarana umum yang memiliki manfaat bagi banyak orang.

Kali ini, kita akan membahas materi public places beserta contoh penggunaannya dalam kalimat, nih. Kira-kira apa saja ya, public places  yang akan dibahas? Yuksimak pembahasan mengenai public places berikut ini!

Mengenal Public Places

Di manapun kamu tinggal, mau di desa atau di kota, kamu dapat dengan mudah menemukan public places, apa saja ya?

1. Airport (Bandar Udara)

Airport (bandar udara) atau biasa disebut bandara merupakan sebuah fasilitas umum yang berfungsi sebagai tempat pesawat terbang untuk lepas landas dan juga mendarat. 

2. Bank (Bank)

Bank adalah sebuah lembaga keuangan yang berfungsi untuk menerima simpanan uang, menukarkan uang, dan meminjamkan uang. Bank merupakan tempat umum yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang yang berkepentingan. 

3. Bus Terminal (Terminal Bus)

Terminal bus merupakan sebuah sarana umum dalam bidang transportasi darat yang berfungsi sebagai tempat untuk menurunkan dan menaikkan penumpang. Selain itu, terminal bus juga menjadi tempat perpindahan antar maupun intra moda transportasi, dan sebagai tempat mengatur kedatangan dan keberangkatan kendaraan umum.

4. Cafe (Kafe)

Merupakan tempat atau restoran kecil untuk bersantai dan juga berbincang-bincang, di mana pengunjung dapat memesan minuman dan makanan. Kafe menyuguhkan suasana yang rileks, menyediakan hiburan, dan kenyamanan pengunjung. Di dalam kafe, biasanya disediakan tempat duduk yang nyaman dan musik.

5. Funeral Home (Rumah Duka)

Rumah duka atau funeral home merupakan bangunan atau tempat umum yang digunakan sebagai tempat jenazah disemayamkan sebelum dilakukan penguburan atau kremasi jenazah.

6. Gas Station (Pom Bensin)

Gas station atau pom bensin biasa disebut dengan SPBU merupakan sarana umum yang berfungsi sebagai tempat untuk mengisi bahan bakar kendaraan yang kita gunakan. 

7. Hotel (Hotel)

Hotel untuk tamu atau orang-orang yang tinggal sementara yang menyediakan layanan penyewaan penginapan atau kamar, makanan dan minuman. 

8. Hospital (Rumah Sakit)

Hospital merupakan fasilitas kesehatan yang bertugas untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan, yakni menolong orang sakit. Pelayanan di rumah sakit seperti pelayanan rawat jalan, inap, dan gawat darurat. Pelayanan di rumah sakit diselenggarakan oleh tenaga kesehatan yang profesional seperti dokter, perawat, dan tenaga ahli lainnya. 

9. Harbour (Pelabuhan)

Harbour merupakan fasilitas yang letaknya di pinggir laut, berfungsi sebagai tempat berlabuh kapal untuk memindahkan barang atau penumpang. Alat-alat di pelabuhan telah dirancang khusus untuk memuat dan melakukan bongkar muatan kapal-kapal yang sedang berlabuh. 

10. Library (Perpustakaan)

Perpustakaan merupakan fasilitas umum, berisi koleksi berbagai jenis buku  yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah institusi maupun milik pemerintah. 

11. Park (Taman)

Taman merupakan sebidang tanah atau sebuah area yang biasanya ditanami berbagai tumbuhan dan komponen tambahan lainnya yang berguna untuk manusia. Komponen yang terdapat di dalam taman memberikan kesan penyegaran bagi pengunjungnya. 

12. Post Office (Kantor Pos)

Kantor pos merupakan fasilitas fisik yang berguna bagi masyarakat umum, yang tidak bergerak dan digunakan untuk melayani penerimaan, pengumpulan, penyortiran, transmisi, dan pengantaran surat dan paket pos. 

Kantor pos juga menjual benda-benda pos lho, seperti perangko, kartu pos, amplop, dan perlengkapan lainnya. 

13. Police Office (Kantor Polisi)

Police office atau kantor polisi merupakan kantor sebagai tempat mengerjakan urusan kepolisian. Di kantor polisi kita dapat melaporkan peristiwa kriminal  atau kejadian kehilangan yang terjadi di sekitar kita. 

Kantor Polisi sebagai tempat untuk dapat memproses laporan maupun pengaduan dari masyarakat tentang berbagai tindak kejahatan dan juga sebagai tempat untuk melayani masyarakat yang ingin membuat SIM (Surat Izin Mengemudi) atau SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). 

14. Market (Pasar)

Market atau pasar merupakan sarana umum atau public place bagian dari perekonomian sebagai tempat jual beli barang dan jasa. Untuk bertransaksi barang dan jasa, alat pembayaran yang digunakan secara sah ialah uang.

15. School (Sekolah)

Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang digunakan untuk proses belajar mengajar. Sekolah merupakan salah satu public place yang dirancang untuk tempat mendidik generasi penerus bangsa, lho. 

16. Zoo (Kebun Binatang)

Kebun binatang merupakan tempat hewan-hewan dipelihara dalam lingkungan yang dibuat atau dirancang oleh manusia. Zoo dapat menjadi tempat edukasi mengenai berbagai jenis hewan, tempat rekreasi, dan juga dapat digunakan sebagai tempat konservasi untuk jenis satwa yang terancam punah. 

Contoh Penggunaan Public Places dalam Kalimat

Quipperian, biar semakin menambah informasi dan wawasan, berikut ini Quipper Blog berikan beberapa contoh kalimat menggunakan public places:

  • We are going to the national library next weekend (Kami akan pergi ke perpustakaan nasional akhir pekan depan).
  • The zoo is normally crowded during holiday season (Kebun binatang biasanya ramai saat musim liburan).
  • I would like to suggest that you go to the hospital if it gets worse (Aku akan menyarankan kamu untuk pergi ke rumah sakit kalau kondisinya makin parah).
  • She was going to meet you at the cafe even though it rained heavily yesterday  (Dia bermaksud menemuimu di kafe meskipun hujan deras kemarin).
  • Let us meet in the park beside the basketball court in two hours (Mari kita bertemu di taman sebelah lapangan basket dalam dua jam).

gimana sejauh ini? sudah berapa public places yang kamu kunjungi? 

Komentar